Covid 19


Halo teman-teman!

Aku mau cerita nih tentang pengalaman aku mengikuti kegiatan Ekplorasi Online. Topik yang diangkat kali ini adalah tentang hal yang sedang gencar-gencarnya dibahas di media sosial, masyarakat, bahkan pemerintah. Kalian pasti bisa tebak sendiri, kan? Jawabannya adalah virus Covid-19, atau sapaan akrabnya adalah Virus Corona.  Virus yang termasuk golongan penyakit flu ini memang telah membuat panik seluruh dunia. Kami disuruh melakukan penyelidikan terhadap virus Covid-19 ini. Penyelidikan? Kedengarannya keren banget, kan?

Pada hari Rabu 18 Maret 2020 yang lalu,  aku , adikku, dan beberapa penyelidik lainnya memulai misi kami. Kami siapkan alat tulis dan kertas (Aduh, pembaca enggak usah tegang-tegang deh, jadi enggak enak nih, hehehe). Kemudian kami bergabung dengan kulwap (alias kulliah whats app) . Kakak pembimbing mengirim kami pesan berbau misterius yang berbunyi:

Siang ini kita akan bermain sebagai AGEN RAHASIA. Tiap agen akan punya angka rahasia. Angka ini tidak boleh diketahui oleh agen yang lain. Walaupun kalian tinggal satu rumah, jangan sampai melihat punya kakak/adiknya. Kerahasiaan ini sangaaaat pentinggggg ya teman2 . Kalau bocor misi kalian bisa gagallll.

Kemudian kami menyiapkan lembar kerja untuk mencatat hasil permainan. Lalu kami masing-masing mendapat angka rahasia yang diberitahu lewat chat pribadi. Angka rahasiaku 1. Selanjutnya kami saling menelpon antar peserta dengan kode “ virus” bagi orang yang menelpon dan “ waspada” bagi orang yang  menerima panggilan. Kami pun memberitahu nomor kami masing-masing dan mengakhiri panggilan. Setelah itu, gampang, kami hanya perlu mengalikan nomor peserta lain dengan nomor kita. Hingga pada saat aku menelpon untuk kesembilan kalinya, seorang anak menyebutkan angka 0. Waduh, gimana dong?! Angka yang satu itu kan kalau dikali kayak gimana pun hasilnya bakal sama terus.

Pada akhirnya permainan dihentikan. Dan mulailah kami terjun dalam diskusi. Kebanyakan teman lain juga memperoleh angka 0 di akhir permainan sepertiku. Kak Shanty kemudian menjelaskan, bahwa sebenarnya hanya ada dua macam angka awal yang dia berikan kepada para agen rahasia, yaitu 1 dan 0. Setiap anak kecuali satu mendapat angka 1. Jadi bisa dibayangkan dari satu angka 0 saja dapat menyebabkan aku dan teman-teman lainnya sebagian besar terjebak dalam angka 0 pada akhir permainan.

Kemudian kami diajak untuk berpikir bersama bagaimana mencegah lebih banyak angka 0 yang diperoleh pemain. Jawaban yang di jabarkan gado-gado banget. Ada yang mengatakan supaya permainan dihentikan saja, ada juga yang menyarankan agar orang yang mendapat angka 0 jangan menelpon dan orang yang angkanya masih di luar 0 jangan menerima telpon apapun yang masuk, anak yang lain berkata lebih baik supaya permainan bisa terus berlanjut perlu ada penjumlahan dalam permainan. Kakak yang membimbing kami usul permainan diteruskan saja, karena kalau semua anak sudah dapat angka 0 kan sudah nggak ada lagi yang bakal menularkan angka 0.

Kami menyimpulkan kalau angka 0 adalah virusnya yang Kak Shanty gunakan dalam permainan dan diskusi. Mungkin beliau ingin agar secara tidak langsung kami mengetahui cara penyebaran virus. Kak Shanty membuat kami berpikir tentang upaya yang dapat kami lakukan sehari-hari agar dapat memutuskan rantai virus. 

Seperti yang sudah aku ceritakan di atas, ada beberapa masukan dari teman-teman untuk menghentikan penyebaran angka 0. Demikian juga virus covid-19 ini. Anak yang mengatakan supaya permainan dihentikan saja melambangkan kegiatan lockdown yang memang sudah banyak dilakukan oleh pemerintah di berbagai negara yang rantai penyebaran virusnya begitu cepat. 

Coba kita tengok pendapat lain, ambil contoh anak kedua yang menganjurkan agar teman yang sudah terjebak dalam angka 0 tidak lagi menelpon dan  yang angkannya masih diluar 0 jangan mengangkat telpon dari teman lain. Contoh yang ini mirip dengan tindakan anjuran pemerintah untuk social distancing, atau tindakan saling jaga jarak dan menghindari diri dari kerumunan serta saran menggunakan masker bagi orang sakit. 

Sementara usul ketiga supaya permainan memasukan penjumlahan ke dalamnya tidak hanya perkalian, agar orang yang sudah terjebak dalam angka 0 masih diberi kesempatan untuk menjadi sembuh. Ini bisa dibilang melambangkan pencarian vaksin untuk penyakit ini. Atau bisa juga diambil kesimpulannya sebagai cara untuk membuat tubuh tetap bugar dengan banyak olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Saran Kak Shanty juga bagus lho, yaitu kita tidak perlu cemas karena semakin lama orang akan mengenali dan  kebal terhadap virus covid-19. Pada akhirnya hampir semua orang punya pengalaman terjangkit penyakit ini dan memiliki kekebalan tubuh. 

Ternyata banyak kan usaha yang bisa kita lakukan untuk mencegah virus Covid-19 agar tidak menjangkit kita? Dan fakta yang menggembirakan adalah, penyakit ini hanya memiliki menyebabkan kematian sebanyak 2 hingga 3% saja. Jadi udah pada siap kan mencegah virus covid-19?


Popular Posts