LISA, 3R, dan mencintai lingkungan.

 Halo semua, sadar nggak sih kalo makin hari bumi kita bertambah rusak? Setiap dari kita pasti pengen kan mengembalikan keadaan menjadi jauh lebih baik? Nah, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk ibu pertiwi. Yuk kepoin!


3R

(Reuse, Reduce, Recycle)


Temen-temen tau nggak, menurut Katadata, pada tahun 2020  37,3%  sampah Indonesia berasal dari industri rumah tangga lho.

Program 3R ini bakal membantu kita mengelola sampah dengan lebih baik. Reuse, mengajak kita menggunakan kembali barang bekas selama masih bisa dimanfaatkan. Reduce, mengedukasi kita agar menggunakan seminim mungkin sampah. Lalu recycle menyarankan kita untuk membuang sampah ke dalam tong sampah daur ulang, agar kelak melalui proses di pabrik daur ulang.


LISA

(Lihat Sampah Ambil)


 Sering lihat sampah bertebaran? Untuk mencegahnya, yok mulai LISA sekarang juga! 

Caranya gampang lho, temen-temen! Cukup amati sekitar, lalu buang sampah yang terlihat berserakan di tempat umum, ke tong sampah yang sudah disediakan.


Tips Mencintai Lingkungan


1. Gunakanlah kendaraan umum saat berpergian, selama rute yang ditawarkan sesuai tujuan!

2. Bawa sendiri kantung belanja, botol minum, dan tempat makanmu!

3. Berkreasilah dengan barang-barang bekas, dan ubah sampah jadi barang spesial!

4. Ketika betul-betul kehabisan ide, tempatkan sampahmu di kotak daur ulang!

5. Lakukan pengkomposan di kebun rumah, agar sampah organik terurai dengan baik. Jika dibiarkan tercampur dalam sampah anorganik, andungan CO² dalam sampah organik dapat meledak, seperti peristiwa TPA Leuwigajah 2005 silam!

5. Sisa-sisa kulit buah dan sayur dapat dimanfaatkan untuk pembuatan cairan eco enzym. Cairan eco enzyme yang multifungsi ini bisa untuk mencuci, menyikat kamar mandi, mengepel, dan bahkan pupuk tanaman!

Popular Posts