Membuat Mind Map Dusun Sumber


Halo teman-teman!

Pada awal bulan Juli 2019 mendatang aku akan pergi mengunjungi Dusun Sumber dan tinggal disana selama lima hari bersama teman-teman baru dan dibimbing oleh kakak-kakak Jaladwara. Sebelum pergi kesana ada berbagai tugas yang harus kulakukan, salah satunya mencari informasi mengenai Dusun Sumber, membuat daftar pertanyaan dan merangkumnya menjadi mind map.

Pertama-tama aku menyusun daftar pertanyaan dan mencari informasi di internet . Waktu browsing di internet awalnya aku bingung banget mencari kata kunci yang tepat. Selain itu, informasi yang kudapat sangat minim. Aku jadi berpikir, kalau begini terus enggak ketemu-ketemu deh.  Melihat aku yang sudah frustasi banget, mamaku menjelaskan padaku apa itu kata kunci. Ia memberi petunjuk sedikit padaku. Aku kurang suka diberi petunjuk. Tapi justru petunjuk itulah yang sangat membantuku cepat terbiasa mencari kata kunci sendiri lho. Lalu, setiap informasi yang kudapat, kucatat di buku catatanku. Ngomong-ngomong informasi yang kutemukan sangat unik dan menarik lho. Ternyata kita harus pandai mencari kata kunci supaya bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan menarik tentang suatu hal.

Lama-kelamaan informasi yang kudapat  makin banyak  juga nih untuk dibuat mind map, dan langkah kedua pun dimulai. Aku dan adikku belajar segala sesuatu tentang pembuatan mind map sambil diperjelas oleh mama. Sesudah itu, aku mencoba membuatnya. Karena mind map adalah hal baru buatku, enggak gampang  menggarapnya. Ternyata rancangan mind map yang kubuat butuh perbaikan. Setelah rancangan mind mapku disetujui, waktunya merias dan mempercantik mind map! Waduh, jantungku dag, dig, dug, pada saat menghias mind map. Aku kan tidak bisa menggambar dan selera warnaku buruk. Aduh gimana dong???? Ternyata masalah bisa diatasi kok dengan mencontoh gambar sederhana di internet, hehehe. Lalu jadi lah mind map ku:


Dalam mengerjakan tantangan ini, aku sering menjumpai hal baru. Aku senang. Walaupun, saat mengerjakannya sempat menemukan berbagai kesulitan. Tetapi kesulitan itu berbuah pengetahuan baru. Asyik!

Popular Posts