Kisah dibalik pembuatan essay gamelanku

Hai teman -  teman, belum lama ini aku mengeksplorasi daerah sekitar tempat tinggalku. Dari eksplorasi ini aku menemukan banyak tempat  yang menarik disekitarku, tempat – tempat  yang sebelumnya tak pernah kusadari keberadaannya . Salah satunya adalah pengrajin gamelan yang kupilih untuk digali kisahnya.

Pada waktu aku pergi bersepeda hendak  mewawancarai beliau, aku agak deg – degan, karena aku belum mengenalnya.Sesampainya disana aku bertemu dengan ibu  si pengerajin , kata ibu itu anaknya belum bangun, karena mungkin ia sudah bekerja sampai larut malam. Namun ibu itu sangat ramah dan bersedia diwawancarai olehku. Beliau cukup bisa bercerita mengenai usaha anaknya, namun tidak semua hal diketahuinya.  Ada sebagian informasi yang kudapat darinya yang tidak terlalu jelas. Tapi lumayanlah, sementara cukup bagiku. Untuk melengkapi informasi tentang gamelan, aku membaca artikel - artikel di internet. Di kemudian hari aku mengunjungi pengrajin ini untuk kedua kalinya, namun waktu itu beliau juga sedang tak dapat diwawancarai. Maka aku hanya mengobrol dengan ibunya lebih lanjut.

Aku senang mendapat tantangan mengeksplorasi daerah disekitar tempat tinggalku, aku mendapat banyak manfaat darinya. Aku belajar berani bertanya, menulis karangan, terlebih lagi mengenal daerah tempat tinggalku. Tidak ketinggalan juga mendapat banyak pengetahuan mengenai alat musik gamelan.

Kisahku tentang gamelan bisa kalian lihat disini.



Popular Posts